Hemodialisa

Hemodialisa

a. Pengertian

Menurut Price dan Wilson (1995) dialisa adalah suatu proses dimana solute dan air mengalami difusi secara pasif melalui suatu membran berpori dari kompartemen cair menuju kompartemen lainnya. Hemodialisa dan dialisa peritoneal merupakan dua tehnik utama yang digunakan dalam dialisa. Prinsip dasar kedua teknik tersebut sama yaitu difusi solute dan air dari plasma ke larutan dialisa sebagai respon terhadap perbedaan konsentrasi atau tekanan tertentu.
Sedangkan menurut Tisher dan Wilcox (1997) hemodialisa didefinisikan sebagai pergerakan larutan dan air dari darah pasien melewati membran semipermeabel (dializer) ke dalam dialisat. Dializer juga dapat dipergunakan untuk memindahkan sebagian besar volume cairan. Pemindahan ini dilakukan melalui ultrafiltrasi dimana tekanan hidrostatik menyebabkan aliran yang besar dari air plasma (dengan perbandingan sedikit larutan) melalui membran. Dengan memperbesar jalan masuk pada vaskuler, antikoagulansi dan produksi dializer yang dapat dipercaya dan efisien, hemodialisa telah menjadi metode yang dominan dalam pengobatan gagal ginjal akut dan kronik di Amerika Serikat (Tisher & Wilcox, 1997).

Lebih Lanjut

98 Comments

    • Diet pada pasieh HD sangat penting, jelas ada pengaruhnya dengan adekuasi HD, tetapi sebetulnya adekuasi Hd dipengaruhi oleh : lamanya HD, Kecepatan Putaran ( QB : Quick Blood), Jenis dializernya, ukurannya, Dampak bila tidak patuh : kelebihan cairan (overload), keadaan umum yang menurun. dan masih banyak lagi, kapan-kapan saya buatkan materi lebih lengkap, semoga sempat.

      Suka

  1. menarik juga ya.. kalau baca-baca tentang HD, insyaAlloh tesis saya juga mau ambil di HD. doakan semoga bisa lancar…dan bisa bergabung di PPGII,(walaupun saya orang pendidikan). Karena dipendidikan tentu masih banyak yang perlu saya pelajari, bisakah sharing???

    Suka

    • Blood leak terjadi karena robeknya membrane semi permiabel pada dializer, sehingga darah masuk kedalam kompartemem dialisat, hal ini bisa disebabkan karena :
      1. Penarikan cairan yang terlalu banyak dalam waktu yang cepat, diindikasikan dengan TMP yang tinggi, risiko blook leak.
      2. Karena adanya clooting di ujung dializer ataupun dalam dializer, sehingga menyebabkan tekanan dalam dializer tinggi, ini diindikasikan dengan TMP tinggi, sehingga tekanan yang tinggi tersebut membuat risiko pecahnya, atau robeknya membran semipermeabel.
      3. Karena Dializer yang dipakai terlalu kecil dibandingkan dengan QB yang terlalu cepat dan penbarikan cairan yang terlalu banyak.
      Demikian , terima kasih, semoga bermanfaat.

      Suka

  2. selamat sore pak, saya baru kali ini menemukan situs yang sangat huebat memberikan penjelasan. Saya salut sekali masih ada orang indonesia yang mau memberikan setitik ilmunya. Semoga Allah memberikan kemudahan dan kelancaran rezeki dan usahanya. Amiin
    Nama saya eko dan saya pasien hd di rsud karawang. Masih banyak teman kami yang mengalami kekurang tahuan dan menu pantangannya yg tdk boleh dimakan. Smoga bisa dibuatkan sebuah jurnal atau buletin bt kami para pasien hd. Terimakasih …

    Suka

  3. permisi….
    maw nanya kak…
    kira2 ada pengaruh gag gender itu?
    curhat dkit ia kak…q lagi nyari judul skripsi…
    pengaruh gender thd gagal ginjal kronis yg menjalani hemodialisa rutin…
    minta tolong di share kalo punya referensinya kak…
    trima kasih….

    Suka

  4. Apakah komplikasi pd saat dan sesudah HD bs menyebabkan menggigil yg hebat??krn sy mendpt pasien wkt jaga ada yg sdg HD pasiennya menggigil hebat,terus sy suhu pasiennya 39,4,apa HDnya perlu di hentikan?terus stlh HD pasien kembali menggigil hebat lg sdgkan suhunya 37,7,apa itu efek dr HD?cara mengatasinya bagiamana?

    Suka

    • ukuran dializer banyak macamnya untuk itu mungkin standarisasi pemakaian dializer tergantung keputusan di unit dialisis masing-masing. yang perlu kita ingat lagi standart KUF yaitu 2-20, KUF >10 disebut High flux, otomatis surface area nya lebih besar, dan jenis dializer ini cocok di gunakan untuk pasien yang memiliki postur tubuh yang > besar. dengan harapan tercapai bersihan yang lebih baik. dimana pemilihan dializer juga menjadi salah satu faktor kualitas klirens:)

      Suka

  5. ass. mau tanya nih,, apakah penurunan ureum kreatinin berhubunggan juga dengan ultrafiltrasi?
    kalau pasien di hd hanya dialisis saja tanpa ultrafiltasi apakah penurunan ureum kreatininnya tidak bermakna?? minta tolong informasinya yang lengkap,, terimakasih..

    Suka

    • Terima kasih mba ratna
      Yang bisa saya sampaikan untuk diit pasien CKD adalah sebagai berikut :
      1. Apabila pasien yang CKD dan belum diharuskan HD, maka diit rendah protein, bila hipertensi rendah garam
      2. Apabila pasien CKD dan sudah menjalani HD rutin maka diit tinggi protein, dan bila disertai hipertensi diit rendah garam.
      Demikian yang dapat saya sampaikan, bila membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai diit bisa menghubungi ahli gizi di RS terdekat.

      Suka

    • Tidak selamamnya menyebabkan penurunan jumlah trombosit, tetapi memang dimungkinkan selama hemodialisis bisa dikarenakan beberapa hal :
      1. Efek mekanik gesekan dengan membrane dializer, bisa saja menimbulkan pecahnya trombosit atau mengalami lisis
      2. Dikarenakan perdarahan yang terjadi selama hemodialisis, efek heparin atau antikoagulan.
      3. Dikarenakan trombosit pada pasien CKD dimungkinkan kualitasnya menurun karena menurunnya/tidak adanya produksi eritropoetin oleh ginjal, sehingga produksi trombosit juga menurun.

      Suka

  6. Sy pasien HD setahun kmdn sy pasang kateter tuk CAPD . Jadi jalan dua dialysis. Sy pikir CAPD bisa menggantikan sepenuhnya HD. ternyata tak semua ureum/kreatinin tertarik oleh CAPD. Jadi hrs kombinasi jalan hingga level ureum/kreatinin ada di level aman.
    Brp sebenarnya level aman zat itu. Di Malaysia bilang 500 di Indonesia 50 mana yg benar? Apa satuannya berbeda? Trims

    Suka

    • Tekanan darah tinggi pada pasien hemodialisa dapat disebabkan beberapa hal, antara lain :
      – Kelebihan volume cairan
      – sistem pengaturan oleh ginjal melalui renin angiotensin yang tidak baik karena ginjal mengalami kerusakan.
      – Karena faktor kardiovaskuler ( penyakit jantung dan atau pembuluh darah )
      sehingga meskipun sudah di lakukan hemodialisa masih bisa terjadi tekanan darah yang tinggi karena hemodialisa tidak memperbaiki atau menyelesaikan masalah-masalah penyebeb tekanan darah tinggi, terima kasih.
      bila masih membutuhkan informasi lanjut hubungi dokter yang merawat mba Alfri.
      Karena setiap pasien memiliki karakteristik yang berbeda-beda..

      Suka

    • Terima kasih sebelumnya Abu yusuf
      Karena pada awal star untuk mengalirkan cairan NaCL ke atas, sekalian untuk mengeluarkan udara ( kalau ada ) dari dalam tabung.
      Pada menjelang akhir dibalik lagi agar aliran darahnya kembali mengarah ke atas, untuk mengurangi risiko udara yang ada di tabung terbawa masuk ke dalam tubuh pasien.

      Suka

  7. Assalamuallaikum,
    maaf minta info nya Orang Tua saya adalah pasien HD setelah di cek lab per tangal 08/06/14
    kreatin 2.5, ureum 75, kalium 2.2 albumin 1.8
    ternyata kekurangan Albumin atau protein tubuh apakah albumin tersebut hanya bisa di tingkatkan hanya dengan pemberian albumin infuse saja ? dan apakah tidak mengapa jikalau di berikan selama proses hd berjalan .(saat ini HD sdh boleh 1x/minggu)
    apakah ada cara lain seperti memberikan makanan seperti ikan gabus , putih telur saja ? apakah boleh memberikan makanan lainya seperti soya bean yg katanya tinggi protein atau tolong berikan masukan makanan apa saja yang aman baik dari unsur nabati atau hewani..Terima Kasih banyak atas informasinya InsyaAllah bapak selalu dibarikan kesehatan Amin..

    Suka

    • Wassalamu’alaikum.., semoga Bapak Sdr Rinaldo segera disembuhkan dan kita semua disehatkan.
      Terima kasih atas pertanyaannya
      dan mohon maaf atas keterlambatan jawaban dikarenakan kesibukan yang menyebabkan tidak sempat memonitor blog.
      Sebelum saya menjawab lebih banyak, saya sarankan lebih valid bila konsul ke ahli gizi RS tempat HD dilakukan, karena lebih tau kondisi Bapak Sdr Rinaldo.
      Secara umum bila sudah HD rutin komsumsi protein ditingkatkan.Saat Albumin yag sudah menurun terlalu drastis, sudah tidak bisa terkejar dengan asupan protein oral atau melalui makanan. sehingga prosedurnya biasanya diberikan dengan infuse. Pemberian Infuse setiap HD tidak ada komplikasi atau risikonya, dan saya yakin dokter sudah mempertimbangkan dengan cermat.
      Apalagi perlu Mas Rinaldo ketahui bahwa setiap dilakukan HD maka banyak juga albumin atau komponen protein lainnya yang ikut terbuang.
      Demikian semoga bermanfaat informasinya.
      sekali lagi lebih jelas hubungi ahli gizi di RS HD Bapak dilakukan.
      Salam…

      Suka

    • Terima kasih mba Widya atas partisipasinya..
      Hb sebelum HD ada batasannya, setiap unit HD memiliki standar masing masing, tetaapi bisa saya sampaikan batasan antara 7-8 Mgdl.
      Bila kurang dari itu maka biasanya dilakukan tranfusi terlebih dahulua.
      – Bila Hb kurang dari 6 maka dilakukan tranfusi terlebih dahulu sebelum HD,
      – Bila antara 7- 10 H dilakukan transfusi selama HD dan siasanya darah dimasukan menjelang akhir tindakan HD.
      Efek bila HB kurang tetap dilakukan HD adalah :
      Perfusi jaringan ke otak berkurang bisa sebabkan stroke..
      Bisa sebabkan kram otot dan komplikasi yang laian.

      Suka

  8. pa’ maaf saya mau bertanya :
    1. pasien hemodialisa di katakan patuh atau tidak seperti apa kriterianya , ?
    2. berapa kali pasien di katakan dia termasuk baru awal menjalani hemodialisa udah yang ke berapa kali frekuensi nya ?
    3. adakah tahapan bagi pasien hemodialisa ?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s