Penyakit ginjal kronis adalah hilangnya sejumlah nefron fungsional yang bersifat ireversibel, gejala-gejala klinis yang serius sering tidak muncul sampai jumlah nefron fungsional berkurang sedikitnya 70% di bawah normal dan jika jumlah nefron yang rusak melebihi 90%, pasien akan mengalami penyakit ginjal terminal (Guyton dan Hall, 1997). Kasus gagal ginjal di Indonesia setiap tahunnya masih terbilang tinggi, pasalnya masih banyak masyarakat Indonesia tidak menjaga pola makannya dan kesehatan tubuhnya. Meski belum dilakukan survei secara nasional, tetapi berdasarkan perbandingan data dengan negara lain kasus gagal ginjal di Indonesia tinggi. Penyakit gagal ginjal layaknya fenomena gunung es. Jumlah yang tidak terdeteksi lebih besar dibanding pasien yang telah divonis gagal ginjal. Hanya sekitar 0,1% kasus yang terdeteksi, sementara kasus yang tidak terdeteksi diperkirakan mencapai angka 11-16% (PERNEFRI, 2003).
Instalasi Hemodialisa merupakan salah satu unit pelayanan yang ada di RSUD Banyumas. Instalasi Hemodialisa menjadi fasilitas pelayanan hemodialisis bagi penderita penyakit ginjal yang membutuhkan terapi pengganti yaitu hemodialisa ataupun peritoneal dialisa. Pelayanan hemodialisis di RSUD Banyumas selama tahun 2011 secara bertahap mempunyai fasilitas mesin sebanyak 24 mesin hemodialisa dengan ketenagaan 1 dokter penanggung jawab ruangan, 10 orang perawat, dan 1 tenaga administrasi. Pelayanan hemodialisis rutin dilaksanakan dalam 2 shif yaitu pagi dan sore.

Tugas pokok dan fungsi Intalasi Hemodialisa adalah memberikan pelayanan hemodialisis, memberikan pendidikan hemodialisa, tempat riset di bidang hemodialisa yang profesional, manusiawi dan bermutu tinggi, dengan cara :
1. Mengembangkan profesionalisme sumber daya manusia dalam bidang hemodilalisa.
2. Menyelenggarakan pelayanan hemodialisis yang terjangkau bagi masyarakat.
3. Meningkatkan kesejahteraan pihak-pihak yang terkait.
4. Menyelenggarakan pelayanan, pendidikan dan riset dalam bidang hemodialisa.

VISI
Menjadi Instalasi Hemodialisa yang menyelenggarakan pelayanan, pendidikan dan riset bidang kesehatan yang profesional, manusiawi dan bermutu tinggi.

MISI
1. Mengembangkan profesionalisme sumber daya manusia dalam bidang hemodilalisa.
2. Menyelenggarakan pelayanan hemodialisis yang terjangkau bagi masyarakat.
3. Meningkatkan kesejahteraan pihak-pihak yang terkait.
4. Menyelenggarakan pelayanan, pendidikan dan riset dalam bidang hemodialisa.

FILOSOFI
Keselamatan, kesembuhan dan kepuasan pelanggan adalah kebahagiaan kami.

TUJUAN
Memberikan pelayanan hemodialisis, memberikan pendidikan hemodialisa, tempat riset di bidang hemodialisa yang profesional, manusiawi dan bermutu tinggi.

SASARAN
Sasaran pelayanan hemodialisis adalah :
1. Pasien yang mengalami penurunan fungsi ginjal yang membutuhkan terapi pengganti ginjal.
2. Keluarga pasien.

12 tanggapan untuk “Unit Hemodialisa”

  1. bisa bantu q ngak ya? dimana nyari journal baik dlm negri maupun luar negri dengan topik; komlpikasi selama HD. jk ad tolong kirim ke alamt emailku diatas, trimakasih sbmnya

    Suka

    1. Nomor telepon siapa??? cabang surabaya atau nomor saya ???

      Suka

  2. dengan hormat,

    Saya dari yogyakarta ada rencana pindah ke purwokerto. saya pasien hemodialisa..Apakah bisa dibantu informasi untuk hemodialisa di Banyumas berapa biayanya ?? apakah menerima pasien jamkesda sleman, yogyakarta ?

    makasih

    Suka

    1. Terima kasih atas kunjungannya ke blog ini, informasi pelayanan hemodialisa di Purwokerto ada RS Margono Soekarjo, RSUD Banyumas, untuk pelayanan Jamkesda apakah bisa menerima atau tidak silahkan hubungi masing – masing RS karena itu terkait birokrasi dan biasanya tergantung dari masing – masing RS tersebut apakah ada MOU atau tidak dengan Pemda Sleman, Terima kasih, semoga bermanfaat…

      Suka

  3. Terima kasih pak untuk infonya, sangat bermanfaat sekali. tetapi data pasien yang menjalani HD di atas untuk tingkat apa? untuk seluruh RS di Indonesia atau hanya di RS. Banyumas?

    Suka

  4. nice post mas….

    Suka

  5. Untuk pemeriksaan pirogen/ endotoksin air RO di instalasi hemodialisa menurut JCI (Joint Commission International) bagaimana ya?
    apakah benar air RO untuk hemodialisa tidak boleh lebih dari 0.3 eu/ml bisa bantu untuk jurnal ilmiah yang dapat mendukung? karna saya mengalami kesulitan untuk mencari jurnal yang berkaitan dengan ini.

    Thanks,

    Suka

    1. Untuk persyaratan air ro fownload dan searching di AAMI

      Suka

  6. anang teguh prasetya Avatar
    anang teguh prasetya

    aswr,,salam kenal dari anang rsud jombang jatim.
    mas..kira2x punya askep NIC NOC askep tentang HD. mks

    Suka

    1. Insyaallah ada, nanti ada waktu saya uploadkan..di blog.

      Suka

  7. Apakah di RS Banyumas Unit HD nya ada Kepala Ruangan yg di jabat okeh perawat?

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan komentar