ASUHAN KEPERAWATAN AKUT KIDNEY INJURY

acute-kidney-injury-fig1_large.jpg

PENDAHULUAN

AKI adalah umum pada pasien yang berada di rumah sakit terutama pada orang tua dan orang-orang di unit perawatan intensif (ICU). AKI menyebabkan penumpukan produk limbah dalam darah dan membuat sulit ginjal menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Ini juga dapat mempengaruhi organ-organ lain seperti otak, jantung, dan paru-paru.

AKI ditemukan melalui darah dan tes urine sederhana. AKI dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis (CKD), atau bahkan gagal ginjal yang memerlukan dialisis (penyakit ginjal stadium akhir). Hal ini juga dapat menyebabkan penyakit jantung atau kematian. Bahkan AKI ringan atau yang tampaknya “pemulihan lengkap” dari AKI mungkin memiliki beberapa masalah kesehatan jangka pendek dan jangka panjang.

Di Amerika Serikat, AKI adalah salah satu masalah kesehatan yang paling serius dan umum. Hal ini terjadi hingga 1 dari 5 pasien di rumah sakit, dan dua kali lebih sering dalam pengaturan perawatan kritis. Cara terbaik untuk menurunkan kemungkinan memiliki kerusakan ginjal dan menyelamatkan fungsi ginjal untuk mencegah AKI, atau untuk menemukan dan memperlakukan AKI sedini mungkin. Pasien sakit parah dengan AKI yang berada di rumah sakit memiliki kesempatan tertinggi kematian, hingga 50%. Sekitar 1 dari 10 pasien yang memiliki AKI membutuhkan dialisis: Sejumlah besar pasien akan meninggal di rumah sakit dan sekitar 20% dari korban akan terus membutuhkan dialisis setelah mereka dipulangkan dari rumah sakit.

Di antara korban yang membutuhkan dialisis setelah AKI, beberapa akan perlu untuk tetap di dialisis permanen. Sekitar sepertiga dari pasien yang memiliki AKI akan mengembangkan CKD dalam waktu 2 sampai 5 tahun memiliki AKI. Meningkat risiko ini dengan episode yang lebih parah dan berulang AKI.

PENGERTIAN

Sindrom yang menghasilkan penurunan mendadak dalam fungsi ginjal atau kerusakan ginjal dalam beberapa jam atau beberapa hari.

Lengkapnya lihat disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s