ASUHAN KEPERAWATAN CRONIC KIDNEY DESEASE ( CKD )

ASUHAN KEPERAWATAN

CRONIC KIDNEY DESEASE ( CKD )

 kidney2a.gif

PENDAHULUAN

Penyakit ginjal kronis termasuk kondisi yang merusak ginjal dan menurunkan kemampuan ginjal untuk menjaga tetap sehat dengan melakukan pekerjaan yang tercantum. Jika penyakit ginjal memburuk, limbah dapat meingkat tinggi dalam darah dan membuat merasa sakit. Pasien dapat mengembangkan komplikasi seperti tekanan darah tinggi, anemia (jumlah darah rendah), tulang lemah, kesehatan gizi buruk dan kerusakan saraf. Penyakit ginjal meningkatkan risiko memiliki penyakit jantung dan pembuluh darah. Masalah-masalah ini mungkin terjadi perlahan-lahan selama jangka waktu yang panjang. Penyakit ginjal kronis dapat disebabkan oleh diabetes, tekanan darah tinggi dan gangguan lainnya. Deteksi dan pengobatan dini dapat menjaga penyakit ginjal kronis semakin buruk. Ketika penyakit ginjal berlangsung, mungkin akhirnya menyebabkan gagal ginjal, yang memerlukan dialisis atau transplantasi ginjal untuk mempertahankan hidup.

Hampir 26 juta orang dewasa Amerika memiliki CKD dan jutaan orang lain akan meningkatkan risiko. Deteksi dini dapat membantu mencegah perkembangan penyakit ginjal gagal ginjal. Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian bagi semua orang dengan CKD. Laju filtrasi glomerulus (GFR) adalah estimasi terbaik dari fungsi ginjal. Hipertensi menyebabkan CKD dan CKD menyebabkan hipertensi. Proteinuria persisten (protein dalam urin) berarti CKD hadir. Kelompok risiko tinggi termasuk mereka dengan diabetes, hipertensi dan riwayat keluarga gagal ginjal. Afrika Amerika, Hispanik, Kepulauan Pasifik, Indian Amerika dan Usia berada pada peningkatan risiko. Dua tes sederhana dapat mendeteksi CKD: tekanan darah, albumin urin dan kreatinin serum.

 PENGERTIAN

Semua individu dengan GFR <60 mL / menit / 1,73 m2 untuk 3 bulan diklasifikasikan sebagai memiliki penyakit ginjal kronis, terlepas dari ada atau tidaknya kerusakan ginjal ( KDOQI, 2015 ).

Baca Lebih Lanjut

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s