Cronic Hearth Failure

Cronic Hearth Failure

  1. Definisi

Gagal jantung adalah termin umum yang dipakai untuk menggambarkan keadaan secara patofisiologik dimana terjadi gangguan fungsi jantung yang diakibatkan oleh ketidakmampuan ventrikel memompa darah sesuai dengan venous return sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan metabolisme jaringan dari berbagai sistem organ di dalam tubuh. Gagal jantung bisa diakibatkan oleh keadaan overload volume yang abnormal, pressure overload, disfungsi miokard, gangguan pengisian ventrikel atau meningkatnya kebutuhan metabolik (Sudoyo et al, 2009).

Cronic hearth failure (CHF) menurut Scottish Intercollegiate Guidelines Network adalah keadaan yang menggambarkan apa yang terjadi ketika jantung tidak mampu memompakan darah keseluruh tubuh seperti yang seharusnya. Orang dengan CHF dapat dijumpai tanda dengan sesak nafas dan kelelahan (SIGN, 2007). Selanjutnya Sudoyo et al (2010) menjelaskan bahwa gagal jantung kronik/Cronic hearth failure (CHF) adalah suatu kondisi patofisiologi, dimana terdapat kegagalan jantung memompa darah yang sesuai dengan kebutuhan jaringan. Suatu definisi obyektif yang sederhana untuk menentukan batasan gagal jantung kronik hampir tidak mungkin dibuat karena tidak terdapat nilai batas yang tegas pada disfungsi ventrikel. Untuk kepentingan praktis gagal jantung kongestif didefinisikan sebagai sindrom klinik yang komplek disertai keluhan gagal jantung berupa sesak, fatik, baik dalam keadaan istirahat atau latihan, edema dan tanda obyektif adanya disfungsi jantung dalam keadaan istirahat.

Penamaan gagal jantung kongestif yang sering digunakan kalau terjadi gagal jantung sisi kiri dan sisi kanan. Congestiv Heart Failure adalah suatu kondisi patofisiologi, dimana terdapat kegagalan jantung memompa darah yang sesuai dengan kebutuhan jaringan. Suatu definisi obyektif yang sederhana untuk menentukan batasan gagal jantung kongestif hamper tidak mungkin dibuat karena tidak terdapat nilai batas yang tegas pada disfungsi ventrikel (Sudoyo et al, 2010).

  1. Etiologi

Menurut Mariyono dan Santoso (2007) penyebab CHF disebabkan oleh banyak hal. Di negara maju penyakit arteri koroner dan hipertensi merupakan penyebab terbanyak, di negara berkembang yang menjadi penyebab adalah penyakit jantung katup. Kemudian menurut Scottish Intercollegiate Guidelines Network (2007) etiologi CHF adalah penyakit yang menyebabkan kerusakan pada ventrikel kanan seperti penyakit arteri koronaria, myocardial infraction, hipertensi, penyakit atau kerusakan katup jantung, cardiomyopaty, congenital heart defects, endocarditis, dan myocarditis.

Baca Lebih Lanjut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s