Remaja dalam Keperawatan

       Remaja adalah penduduk yang berusia antara 10-19 tahun dan belum menikah. Masa remaja adalah suatu periode antara masa anak-anak dan masa dewasa yang ditandai dengan perubahan perkembangan biologis, psikologis dan emosional (Depkes, 2003).

       Istilah remaja sering dikenal dengan istilah pubertas dan adolesen. Istilah pubertas biasanya dipakai untuk menyatakan perubahan biologis yang terjadi dengan pesat dari masa anak ke masa dewasa, terutama kapasitas reproduksi yaitu perubahan alat kelamin. Sedangkan istilah adolesen lebih ditekankan untuk menyatakan perubahan psikososial yang menyertai pubertas.

       Soetjiningsih (2004) menyampaikan beberapa pengertian dari remaja berdasarkan umur kronologis dan berbagai kepentingan, diantaranya:

  1. Menurut UU Perburuhan, anak dianggap remaja apabila telah mencapai umur 16-18 tahun atau sudah menikah atau sudah mempunyai tempat untuk tinggal.
  2. Pada buku-buku pediatri, pada umumnya mendefinisikan remaja adalah bila seorang anak telah mencapai umur 10-18 tahun untuk anak perempuan dan 12-20 tahun untuk anak laki-laki.
  3. Menurut WHO, remaja adalah bila anak telah mencapai umur 10-14 tahun.
  4. Sementara itu, menurut Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) (Direktorat Remaja dan Perlindungan Hak Reproduksi), batasan umur remaja adalah 10-19 tahun.

Baca Lebih Lengkap

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s