PERSALINAN PREMATURE

Pengertian

Persalinan prematur adalah persalinan yang di mulai setiap saat setelah awal minggu gestasi ke-20 sampai akhir gestasi ke-37. Persalinan premature mencapai puncaknya pada kelahiran premature yang merupakan hampir 12% dari semua kelahiran di amerika serikat dan merupakan urutan ke 2, penyebab defek kelahiran sebagai penyabab utama mortalitas neonatus (Manuaba, 2006).

Persalinan preterm adalah persalinan yang terjadi pada kehamilan 37 minggu atau kurang, istilah yang di gunakan untuk menyebut bayi yang di lahirkan terlalu dini. Merupakan hal yang berbahaya karena mempunyai dampak potensial meningkatkan kematian prenatal. Kematian prenital umumnya berkaitan dengan berat badan rendah. Berat badan lahir rendah dapat di sebabkan oleh bayi preterm dan pertumbuhan janin yang terhambat (William, 2006).

Persalinan preterm (prematuer) dapat didefenisikan sebagai persalinan yang terjadi antara usia kelahiran 20-37 minggu di hitung dai hari pertama haid terakhir. Di negara berkembang insidennya sekitar 7% dari seluruh persalinan. Menurut WHO, bayi prematur adalah bayi lahir hidup sebelum usia kehamilan minggu ke 37 (dihitung dari pertama haid terakhir) (Lee, 2008).

The American academy of prediatic, mengambil batasan 38 minggu untuk menyebut premature atau bayi pre-term adalah bayi yang berumur kehamilan 37 minggu tanpa memperhatikan berat badan. Sebagian besar bayi lahir dengan berat badan kurang dari 2500 gram adalah bayi prematur. Pada tahun 1935, American academi of pediatrics mendefenisikan sebagai bayi yang lahir hidup dengan berat badan 2500 gram atau kurang (Lee, 2008). Kriteria ini di gunakan luas sampai di dapatkan adanya ketidaksesuaian antara usia gestasi dan berat lahir akibat pertumbuhan janin yang terhambat (Lams, 2004).

Ada beberapa pembagian persalinan yakni sebagai berikut:

  • Persalinan prematur dengan usia kehamilan kurang dari 37 minggudan berat badan janin sama untuk masa kehamilan (SMK).
  • Persalinan prematur dengan usia kehamilan kurang dari 37 minggu dengan BB kecil untuk masa kehamilan (KMK) dan nama lain digolongan ini disebut small foor gestasional (SGA) intarauteri growth retadation (IUG RED), intrauteri growth restriction (IUG, RED).

Baca Lebih Lanjut

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s