SIMKEP Berbasis Komputer

Latar Belakang

Dalam era globalisasi sekarang ini, rumah sakit dituntut untuk meningkatkan kinerja dan daya saing sebagai badan usaha dengan tidak mengurangi misi sosial yang dibawanya. Hal ini berarti bahwa rumah sakit harus melakukan kebijakan kebijakan strategis antara lain efisiensi dari dalam (organisasi, manajemen, serta SDM) serta harus mampu secara cepat dan tepat mengambil keputusan-keputusan strategis untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat agar dapat menjadi badan usaha yang responsif, inovatif, efektif dan efisien.

Sistem Informasi Keperawatan berbasiskan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan pendekatan Standar Nursing Language (SNL) telah menjadi suatu kebutuhan mutlak bagi profesi terbesar di rumah sakit dan telah menjadi salah satu jawaban dalam menghadapi tantangan di era globalisasi bagi profesi perawat.

Sistem Informasi Keperawatan dengan memanfaatkan teknologi jaringan komunikasi (network) dan sistem informasi akan secara cepat, tepat, dan akurat dapat menyajikan data dan informasi yang dibutuhkan oleh manajemen keperawatan di rumah sakit guna pengambilan keputusan.

SI Kep yang kami bangun adalah sistem informasi dengan pendekatan ilmiah dan menggunakan system pakar membantu rumah sakit khususnya profesi perawatan dalam mencapai sasaran utama sebagai berikut: Memberikan nilai tambah dengan meningkatkan Efisiensi, Kemudahan Operasional,dan Standard Praktek Keperawatan yang baik dan benar. Mendukung proses Dokumentasi yang Auditable dan Accountable. Mendukung Pemasaran Jasa RS dengan meningkatkan mutu, kecepatan, kenyamanan, kepastian biaya, bahkan gengsi pelayanan. Meningkatkan profesionalisme dan kinerja manajemen dan profesi perawatan. Mendukung kerja sama, keterkaitan dan koordinasi antar bagian dalam rumah sakit. Meningkatkan pendapatan rumah sakit dari komponen profesi perawat.

Deskripsi Sistem Informasi Keperawatan SI Kep (Sistem Informasi Keperawatan) merupakan paket system aplikasi yang terpadu dan terintegrasi, yang dihubungkan secara on-line pada fungsi pelayanan rumah sakit, mulai dari transaksi pendaftaran, perawatan, sampai dengan chek-out pasien. Pemanfaatan Aplikasi SI Keperawatan SI Kep yang ditawarkan dapat dimanfaatkan oleh unit kerja sebagai berikut: Bagian Front Office , yang meliputi: Unit pendaftaran pasien rawat inap Unit pendaftaran pasien rawat darurat. Unit pendaftaran pasien di ruangan. Bagian Pelayanan meliputi : Unit pelayanan rawat jalan. Unit pelayanan rawat darurat Unit pelayanan rawat inap Unit pelayanan Bedah Sentral Unit Hemodialisis Dalam pembangunan aplikasi SI Keperawatan ini dipakai user interaction analysis.

Disadari bahwa interaksi user merupakan hal yang sangat diperlukan untuk mewujudkan aplikasi yang mudah digunakan dan tepat guna. Keunggulan user interaction analysis diantaranya : Cara Akses Salah satu hal yang mendapatkan perhatian untuk membuat aplikasi yang mudah digunakan oleh user adalah rancangan user interface. Rancangan ini dibuat dengan meminimalkan cara akses user ke menu-menu yang disediakan. Bahasa Bahasa yang digunakan adalah bahasa standar yang baku dan dipakai sebagai standar untuk semua bagian. Pedoman Aplikasi Pedoman aplikasi dibuat untuk setiap form aplikasi yang berisi cara menggunakan fungsi-fungsi yang terdapat pada form untuk memberikan panduan penggunaan kepada user. Cara ini akan sangat membantu user untuk mengoperasikan tiap form dalam aplikasi.

Lihat juga di :

http://www.juragansopwer.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s